SEMOGA KUJUNGAN ANDA MEMBAWA BERKAH
Home » » Hari Pahlawan 10 Nopember

Hari Pahlawan 10 Nopember

Posted by CB Blogger

Di indonesia, ari Pahlaan pada tanggal 10 Nopember bertujuan untuk memperingati pertempuran Surabaya antar milisi nasionalis Indonesia dan sekutu, yang merupakan konflik senjata skala besar pertama antara Indonesia dan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agutus 1945.

Adapun latar belakang iniden pertempuraan Surabaya yaitu kaena adanya peritia hotel Yamato Surabaya. Saat itu, mayarakat Belanda yang di pimpin oleh Mr. Ploegman mengibarkab bendera belanda di punccak Hotel Yamato.

Hal terebut menaaikkan amarah warga Surabaya, serta membuat sebagian pemuda Indonesia bertindak tegas dengan menaiki Hotel Yamato dan merobek arna Biru pada Bendera Belanda sehingga tersisa warna bendera bangsa Indonesia, Merah Putih. Peritiwa ini terjadi pada Tanggal 27 Oktober.  Hal tersebut memicu terjadi peristiwa bersejarah pertempuran 10 Nopember.


Setelah genatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara inggris di tanda tangani pada tanggal 29 Oktober 1945, keadaan beranur-anur mereda. walaupun begitu, tetap saja terjadi bentrokan -bentrokan berseenjata antara rakyat dan tentara Inggri di Surabaya.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini