SEMOGA KUJUNGAN ANDA MEMBAWA BERKAH
Home » » DALIL HIDANGAN BERKAT

DALIL HIDANGAN BERKAT

Posted by CB Blogger

Sebagai orang indonesia yang sangat kental dengan adat ketimuran yang diantaranya adalah kebiasaan untuk selamatan, kirim do'a pada orang tua, dan juga tasyakuran, yang biasanya setelah acara selesai hadirin akan mendapatkan hidangan (bancaan) atau berkatan.

hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atau bentuk pengabdian kepada orang tua dengan kirim do'a dan sedekahan yang ditujukan kepada orang tua yang telah meninggal dunia, apalagi seperti bulan Sya'ban atau dalam bahasa jawa disebut bulan ruwah adalah bulan yang biasanya dipakai oleh masyarakat jawa untuk berkirim do'a dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan. dan biasanya berkatan itu dibawa pulang untuk dimakan bersama keluarga.

sebenarnya berkat itu dari bahasa arab بَرْكَةُ bentuk jama'nya adalah بَرَكَاتُ artinya kebaikan yang bertambah-tambah terus penamaan tersebut berdasarkan sabda Nabi Muhammad saw :

اجْتَمِعُوْا عَلٰى طَعَامِكُمْ ووَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ يُبَارَكْ لَكُمْ فِيْهِ
 
 yang artinya "berkumpullah pada jamuan makan kamu, dan sebutlah asma Alloh ketika hendak makan niscaya Alloh memberkati kamu pada makanan itu (hadits. Riwayat Imam Ahmad, Abu dawud, Ibnu Majah Ibnu Hibban dan Al Hakim Kitab Nadhrah - An Nur II/16)
 

قَالَ: أَثِيبُوْا أَخَاكُمْ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ، فَأَيَّ شَيْءٍ نُثِيْبُهُ؟ قَالَ: ” ادْعُوا لَهُ بِالْبَرَكَةِ فَإِنَّ الرَّجُلَ إِذَا أُكِلَ طَعَامُهُ، وَشُرِبَ شَرَابُهُ، ثُمَّ دُعِيَ لَهُ بِالْبَرَكَةِ فَذَلِكَ ثَوَابُهُ مِنْهُمْ

 Rasululloh bersabda "balaslah oleh kalian kebaikan saudara kalian" para shahabat bertanya "wahai Rasululloh dengan suatu apakah untuk membalasnya?". Rasululloh menjawab "berdo'alah kalian untuknya dengan keberkatan, sesungguhnya seorang ketika makananya dimakan dan minumanya diminum, kemudian didoakan untuknya dengan keberkahan, maka itu merupakan balanya untuknya dari kalian,  (Hadits riwayat Al Baihaqi dan Abu Dawud)

Hadits ini mengisyaratkan ketika kita makan atau minum dari sesuatu apa yang diberikan oleh orang lain kepada kita, hendaknyalah kita mendo'akan agar Alloh ta'ala memberikan keberkahan. disamping disunnahkan memberi makanan atu minuman kepada fakir miskin atau orang yang membutuhkan, kita juga dianjurkan memberi sesuatu kepada orang yang bertakwa, baik dengan jalan diantar atau dengan mengundang mereka makan bersama. 


أَطْعِمُوْا طَعَامَكُمُ الْأَتْقِيَاءَ، وَأَوْلُوْا مَعْرُوْفَكُمُ الْمُؤْمِنِيْنَ


"berikanlah makananmu kepada orang yang bertakwa dan berbuat baiklah kepada orang-orang yang beriman. (Hadits riwayat Imam Ibnu Abi Dunya - kitab Al-Fath Al Kabir Juz I hal 192)

sekelumit paparan di atas semoga membawa manfaat
 


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini